Iseng yang Bisa Menambah Uang Jajan

Haloooo para penghuni Kantin. Pada baik semua kan?. Sudah siap untuk ngabut bersama Saya?. Kalo sudah pada siap, kuy Kita mulai. 

Kali ini Saya akan membahas tentang keisengan yang bisa membuat kalian engga ngutang lagi di kantin alias dengan menghasilkan uang jajan dari iseng itu tadi. Tapi, Iseng itu apa ya?. Menurut Saya, Iseng adalah kegiatan yang tidak bisa dikatakan hobi tapi juga tidak bisa disebut bukan hobi-HAHAHAHAHA. loh, jadi iseng itu, apa ya?.
Iseng adalah berbuat sesuatu sebagai pengisi waktu luang dan sifatnya hanya main-main belaka. (Kamus Lengkap Bahasa Indonesia Modern karya Mahfan, SPd)
Nah, karena sifatnya hanya main-main, hal-hal iseng kerap kali jadi dianggap sebagai kegiatan tanpa manfaat. Sebenarnya kalau ditekuni dengan baik tidak bisa lagi disebut sebagai Iseng. Nyatanya, ada banyak orang yang berawal dari iseng, eh lama kelamaan malah sukses. Contohnya seperti Bayu Eko Moektito atau yang lebih sering kita kenal sebagai Bayu Skak yang sukses menjadi Youtubers di Indonesia. 
Ada berbagai macam keisengan yang bisa membantu menambah uang jajan kalian bahkan bisa sampai bikin kalian jadi jutawan loh. Mari kita simak apa aja Iseng yang Bisa Menambah Uang Jajan.  

·       Ngefoto apa aja yang di depan mata


Mari, foto mereka !!



     Banyak orang di Indonesia yang berpikir kalau orang yang suka ngefoto-foto itu adalah orang yang kurang kerjaan dan cuman iseng aja. Cuman, ya kalau hasil fotonya bagus pasti diminta terus dipost di Media Sosial dengan keterangan candid . Padahal Iseng yang kayak gini sebenarnya bermanfaat dan bisa menghasilkan uang loh. Kalau kalian mau berusaha sedikit lebih keras, kalian coba deh belajar mengenai Jurnalistik Foto.
Junalistik Foto merupakan sebagian dari Ilmu Jurnalistik (komunikasi). Jurnalistik foto adalah “ilmunya”, sedangkan foto jurnalistik adalah “hasilnya”. Foto jurnalistik adalah karya foto “biasa” tetapi memiliki nilai berita atau pesan yang “layak” untuk diketahui orang banyak dan disebarluaskan lewat media massa. (http://rekotomo.blogspot.co.id/2007/06/jurnalistik-foto-dan-foto-jurnalistik.html)
      Misalnya, kalian mengambil foto seorang ayah yang sedang menyuapi anaknya makan di pinggir jalan. Foto itu biasa aja kalau cuman kalian edit contras atau warnanya, tapi lain lagi kalau kalian menambahkan caption atau keterangan mengenai foto tadi. Dengan keterangan dan foto yang sesuai dan layak, foto tadi sudah bisa disebut Foto Jurnalistik. Kalian bisa coba-coba mengirim hasil karya kalian ke Media Online, dan kalau bagus, duit pasti engga kemana deh. Tapi jangan cepet nyerah ya kalau belum dapet duit juga.


·       Ngedit Foto Sebelum Dipost ke Medsos



     Kalian pasti pernah kan liat cewe (cowo juga ada sih) yang abis foto trus langsung sibuk buka app semacem vsco atau 360. Saat mereka udah buka itu aplikasi, biasanya mereka bakal fokus banget macam orang mau sidang skripsi. Mereka akan berusaha untuk bikin foto yang udah bagus jadi luar biasa dasyat dan kece parah. Salah satu artis yang sering melakukan hal ini adalah Abigail Cantika . Coba deh liat ignya, ada banyak foto yang punya nilai seni yang tinggi dan ternyata di edit menggunakan salah satu aplikasi pengedit foto loh.






    Buat sebagian orang, kegiatan ini adalah salah satu kegiatan gabut dan terlalu lebay. Ada juga yang beranggapan kalau ngedit foto itu cuman buat orang-orang yang aslinya gendut pengen jadi kecil atau yang bruntusan jadi mulus, padahal kenyataannya engga gitu . Sekalipun hasil foto asli itu juga menentukan apakah foto itu bisa dikatakan bagus atau engga, tapi sentuhan edit foto juga jadi point plus. Apalagi untuk yang ngerti kapan waktunya menurunkan atau menaikkan kontras atau yang lainnya, fotonya bisa aja jadi keren banget kayak hasil jepretan Rio Motret. Kalau bagus dan unik malah bisa menghasilkan pendapatan untuk gendut-in dompet guys. Asalkan jangan foto boleh nemu dari Google aja ya manteman.


·       Nyorat-Nyoret

Buat kalian yang suka nyoret-nyoret tembok sekolah orang, mungkin kuping kalian udah kebal banget sama sebutan "orang kurang kerjaan". Untuk beberapa kasus, memang kegiatan ini bisa dibilang bener-bener iseng, terutama untuk yang suka nyoret dinding atau fasilitas umum pake nama sekolah atau kadang namanya sendiri ditambah pacarnya.

@wd_wilddrawing

Tapi kalau diserius-in, keisengan mencorat-coret ini bisa bikin dompet kalian lumayan terisi loh. Kalian bisa menuangkan aspirasi atau imajinasi kalian di dinding seperti Wild Drawing (bukan nama asli) yang muralnya dikenal dunia, atau di benda-benda yang tak lazim untuk dicoret, seperti tas harga milyaran atau sampul pasport seperti yang dilakukan G-dragon BIGBANG.


     Dengan pola-pola yang unik dan mendalam kalian bahkan bisa menjadi jutawan gengss. Cuman, kalau mau nyoret-nyoret, ya jangan di pager Rumah Rektor kalian atau Istana Presiden ya.

·       Bikin Meme Comic

Kalian pasti pada tau Dagelan kan, akun hits yang isi postingan lucu dan kadang jauh dari jangkauan manusia umumnya . Nah ada salah satu jenis postingan yang jadi andalannya Dagelan yaitu Meme ComicMeme Comic itu sendiri kartun atau animasi yang menunjukkan ekspresi pembuat ragecomic.
Jadi meme itu kartun atau animasi yang menunjukkan ekspresi pembuat ragecomic tersebut. Nggak ngerti ragecomic juga? Okay, ragecomic di sini di artikan sebagai komik strip yang isinya pengalaman-pengalaman pribadi si pembuat dan di dalam ragecomic itu terdapat berbagai macam meme yang mewakili ekspresi dari pengalaman pembuat. Di internet banyak banget website yang isinya ragecomic. Ada 1cak.com, 9gag.com, ragecollection.com, Meme Comic Indonesia dan masih banyak lagi deh. Nah kalo meme di ragecomic online itu namanya Internet Meme ( Wildan di https://wildanovianto.wordpress.com/2012/11/08/apa-sih-meme-kok-lucu-keliatannya/comment-page-1/#comment-11)

Beberapa orang beranggapan kalau bikin Meme Comic itu cuman kegiatan untuk orang orang yang suka nyela orang atau bikin orang yang di Meme Comic naik tensinya. Padahal bikin Meme Comic engga diperuntukkan untuk nyela orang dan ternyata tidak semudah yang orang pikir. Dengan kreatifitas dan ide yang orisinil, Meme Comic buatan kalian bisa hits dan viral di media sosial seperti karya-karya milik akun Meme Comic Indonesia.
§  Nulis Diary

hari ini aku......

Di era digital sekarang, mungkin kita udah susah nyari orang yang suka nulis diary di buku Diary, karena udah ada diary di handphone atau gadget. Kata beberapa orang sih kegiatan ini hanya untuk orang-orang yang cengeng atau baperan. Padahal kebanyakkan orang yang suka nulis Diary ini justru  punya tingkat emosional yang stabil.
Sering mengutarakan perasaan kalian melalui tulisan seperti menulis Diary atau mungkin menulis lagu dan puisi adalah awal bagus untuk kalian yang nantinya mau menjadi Citizen Jounalism atau bahkan menjadi Jurnalis. Kalian bisa kirim tulisan kalian sendiri untuk dipublikasikan di Media Online dan media sosial pribadi kalian. Selain itu kalian juga bisa jual tulisan kalian loh. lumayan kan selain dapet uang kalian juga bisa nampang nama kalian di media biar hitzz.

§  Unjuk Kebolehan

            Ini adalah kegiatan iseng paling berfaedah menurut saya dan memang sudah terbukti banyak membuat orang jadi sukses sesuai dengan kelebihannya masing-masing. Contohnya saja kaka-kaka dari GAC-Gamal, Audrey, Cantika-yang pernah masuk nominasi Grammy Award di tahun 2014 dengan video cover mereka yaitu Mirrors yang merupakan lagu dari Justin Timberlake. Bermula hanya iseng-iseng mengunggah video musik di Youtube (Gamal dan Audrey) dan dengan harmonisasi mereka yang muantebb, akhirnya cover buatan mereka viral dan jadilah seperti yang kita kenal sekarang, tapi tetap semuanya terjadi engga secara instan guys. Yang penting jangan nyerah dan terus berkarya ya gengssss
§  Iseng dengan hal berbau bahasa asing

Saya nyakin pasti diantara kalian yang baca blog saya dan ngegabut bareng Saya pasti pada suka sama sesuatu yang asing. Mulai dari barang-barang dari negara asing sampai ke bahasanya. Selain itu kalian juga pasti punya temen yang suka baca buku bahasa asing, denger lagu bahasa asing, atau juga nonton film dan drama bahasa asing. Apalagi dengan merebaknya virus K-pop dan Drakor di Indonesia sekarang ini.
Daripada kalian cuman menikmati sajian dari negara asing , Kalian bisa nih bikin sajian negara asing tadi jadi pekerjaan untuk kalian. Salah satu caranya adalah jadi Penerjemah.
 Yang suka baca buku bahasa asing bisa menerjemahkan bukunya ke dalam Bahasa Indonesia atau bahasa lainnya. Buat yang suka nonton bisa bikin subtitle untuk film dan dramanya. Atau, buat yang pengen ngobrol langsung sama oppa atau mister ganteng, bisa loh jadi translator seperti Oktiya Haniarti. Ia merupakan salah satu Penerjemah Bahasa Korea-Indonesia yang sering muncul pada acara-acara dari Korea yang diselenggarakan di Indonesia. selain acara dari dunia entertain, oktiya juga menjadi Penerjemah untuk atlit korea yang datang ke Indonesia lohh, keren kan diaaa. 

Oktiya Haniarti http://www.salamkorea.com/wp-content/uploads/2014/08/Okti-2.jpg

Dan tentunya buat yang suka denger musik-musik negara asing kalian bisa menerjemahkannya atau hanya menyanyikannya dalam bahasa lain yang kalian suka. kalo perlu langsung kalian post di Medsos dan jangan lupa tag idola kalian. Kalau beruntung kalian bisa di notice sama idola kalian seperti Ysabelle Cuevas. Ia mencover lagu Wake Me Up milik Taeyang BIGBANG dalam bahasa inggris dan ternyata hasil covernya langsung di reupload oleh Taeyang BIGBANG melalui akun instagram pribadinya. Engga cuman disitu aja, Taeyang BIGBANG juga mengundang Ysabelle untuk berduet bersamanya saat konser White Night di Loss Angeles. Meski tidak secara langsung menerjemahkan lagu Wake Me Up, keberanian Ysabelle menyanyikan lagu tersebut dalam bahasa inggris dan suaranya yang merdu patut diacungi jempol loh. Karena jarang sekali ada orang yang mau mengcover lagu memakai bahasa yang berbeda dari bahasa aslinya.

         Hal-Hal iseng yang saya share ke kalian ini baru sedikit dari banyak sekali hal iseng yang bisa kalian bikin jadi serius lohh. Intinya, semua hal iseng yang kalian lakukan, pasti ada artinya kalau kalian coba untuk lebih serius. Dengan modal semangat 45, ketahanan mental yang kuat, Doa pribadi serta tak lupa Doa dari sang Emak, pastinya akan ada hasil yang kalian dapet nanti. Tapi inget, harus diasah dengan banyak latihan dan praktik ya. Have a nice day and Love youuuu.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

RESENSI NOVEL “TIME RIDERS: GATE OF ROME” (in english)

Pencinta Bicara yang Hidup di Kampus Ruko.

Awalnya asal pilih, sekarang jatuh cinta