Awalnya asal pilih, sekarang jatuh cinta


elisa yang suka motret sambil merem

Kata orang kalo milih sesuatu itu harus dinalar pake kepala biar tidak menyesal. Hmmm. Benar sih. Tapi sedikit tidak berlaku ke saya. Saya disini karena asal pilih jalan kok. Eh bukannya putar arah ke jalan semula, saya malah jatuh cinta.

Elisa Fransiska Hutajulu A.K.A Ell A.K.A Ica, itu adalah saya. Saya perempuan kelahiran Jakarta, keturunan Batak (Toba) yang asli dari Sumatra Utara sana. Saya lahir dari pasangan Jala Tua Hutajulu dan Denny R Sihombing, ditambah dengan 2 adik saya, David P Hutajulu dan Bella M Hutajulu. Kebetulan saya ini manusia generasi Y yang lahir di Masa Reformasi, tepatnya pada tanggal 31 Juli 1998.

Badan saya lumayan tambun, tapi tidak obesitas kok tenang saja. Kemana-mana saya pakai kacamata. Rambut saya warnanya hitam, sebab bapak tidak kasih ijin rambut saya biar berwarna. Kaki dan tangan saya panjang, trus warna kulit saya kayak buah sawo. Rasanya juga sama. Sama-sama manis-percayalah ini kenyataan.

Meski sudah menjadi seorang gadis, banyak orang beranggapan kalau saya seperti lelaki tangguh. Padahal menurut saya, saya ini-cukup-feminim. Saya suka make up di rumah, trus suka ngebolak-balik majalah fashion emak saya. Kalau lagi bosan saya sering berswafoto sambil manyun-manyun.

Cuman ya gitu, kalau di luar-semacam ke kampus-saya mana mau make up, pake atasan juga ya kaos biasa sama celana jeans yang itu-itu aja. Alasannya sederhana, saya ndak bisa bangun pagi Jadi idak sempat, mandi aja kadang sekadar asal guyur trus gosok gigi. Intinya saya hanya ingin ke kampus.

Hobi saya sangat banyak, bahkan tak terhingga kadang-kadang. Tapi yang saya selalu lakuin cuman 10 hal : melihat, mendengar, membaca, menulis , berpikir, makan, bernafas, bermain, tidur dan bicara. Sisanya mah cuman ikut-ikut saja.

Emak saya suka cerita tentang saya waktu masih kecil. Kata dia saya sudah suka musik dan nyanyi dari kecil. Tapi pemalunya luar biasa dan tidak banyak bicara katanya. Dia sekarang jadi binggung dengan laporan teman-teman saya tentang mulut saya yang gak bisa diam, padahal di rumah saya irit bicara.

Dari kecil sebenarnya saya males ngomong, sampai teman saja tidak punya. Lebih sering dicela daripada ditemani. Pas saya SD kelas 5 saya baru punya teman. Cuman 2 orang. Pas SMP saya mulai cari cara supaya punya teman. Waktu itu saya nyanyi Balonku Ada Lima di depan kelas, dan yaudah akhirnya saya tidak punya teman. Untungnya di tingkat selanjutnya ada teman. Kebetulan sama-sama gila. Kami temenan sampai sekarang, meskipun beda SMA.

Saya SMA di daerah Jakarta Pusat dan tidak ada teman dari SMP yang sama. Jadinya saya harus sosialisasi ulang. Karena sudah “berpengalaman”, saya bersikap normal saat MOS, saya juga ikut banyak kegiatan, kayak OSIS, Pramuka, dsb. Cara ngomong juga mulai diatur. Jadinya ya teman saya banyak. Setiap saya lewat di area sekolah, pasti ada yang nyapa saya.  

Di SMA saya sengaja ambil IPA, soalnya saya suka dengan Sains. Malah pernah ingin jadi Ilmuwan. Kecintaan saya sama IPA makin jadi waktu ketemu Kimia. Saya suka  sekali sama itu pelajaran. Tidak mudah tapi juga tidak bikin gila banget. Dari situ saya kepengen jadi guru Kimia. Guru saya juga dukung. Pas UN nilai Kimia saya jadi yang tertinggi, dan itu membuat saya pede berat bakal lolos SNMPTN. Tapi ya Tuhan bilangnya lain. Itu nilai engga ada gunanya. Lawong saya GAGAL. Dari situ cerita saya asal milih jurusan akhirnya dimulai.

Saya ingat betul saat itu saya habis buka pengumuman SBMPTN. Dan saya engga lolos. Saya tiba-tiba minta uang. “Mak, mana duitnya, Ica daftar sekarang aja, keburu berubah pikiran”. Emak saya binggung, dia pikir saya mau daftar ke UKI untuk ambil jurusan Kimia. Trus dia bilang “yah ca, engga ada uang kita kalo lu kuliah disana, Widuri ajalah, ambil komputer gih”. Saya cuman diem awalnya, Tapi akhirnya nyeletuk. “lah siapa yang mau ke UKI, kejauhan. Gue mau ke palmerah biar deket trus cepet lulus”. Emak saya ya kaget, tapi tetep ngasih duit. Sempet nawarin buat dianterin juga. Cuman saya nolak.

Di PMB saya kayak orang gak niat daftar. Cuman datang, duduk, lalu dengerin sedikit penjelasan kakanya waktu itu. Tadinya mau masuk TI, tapi karena masih sakit hati sama hasil SBMPTN, jadinya beralih ke STISIP aja. Sebenarnya  saya nunjuk Jurusan Kesos waktu itu, tapi kakanya ngeliat saya nunjuk Jurusan Komunikasi dan langsung ditulis pula. Ya saya diam saja. Maklumi lah masih sakit hati, jadi gak mau banyak ucap. 

Sampe rumah saya merenung kayak presiden yang lagi mikiri nasib rakyat.  Ujung-ujungnya saya malah nangis. Jujur saja saya engga tau bakal jadi apa saya kalo ambil Komunikasi. Saya engga suka nulis. Jaman SMA saja saya selalu tidur pas pelajaran bahasa. Saya hanya suka baca buku sama nge-observasi gaya bicara orang lain, abis itu saya tiru. Jadi mungkin itu bikin perawakan saya kayak “Ahli” pas saya ngomong atau nulis.

Anehnya waktu di-OSPEK, Saya berbaur gitu aja sama yang lain, sampai tidak cerita tentang latar belakang pendidikan saya. Santai banget deh waktu itu. Waktu saya pulang trus buka Instagram, saya malah liat anak-anak lain OSPEK di kampus yang saya mau. “Sedih, tapi ya mau diapain”. Pikir saya.

Pas masuk kuliah pertama, saya cukup keteteran. Saya harus belajar Sosiologi, Antropologi, dan katemu Hukum sama Politik yang saya hindari. Ya mau engga mau demi cepet lulus, saya belajar keras. Tiap hari kerjaanya cuman baca aja kalo dirumah. Teman juga masih belum ada waktu itu, jadi balik kelas langsung ke rumah.

Di akhir Semester 1, saya mulai bisa nerima jurusan yang saya pilih. Ini gara-gara UAS Psikologi yang disuruh bikin film. Waktu itu saya kepilih dibagian tim penulis naskah. Jujur saya rada kagok. Saya engga pernah nulis naskah. Bahkan kalo bisa dibilang saya paling tidak suka nulis. Tapi ujung-ujungya jadi keterusan.  Ampe ikut lomba film pendek di Kampus, dan ternyata menang.

Hobi saya jadi ke arah komunikasi semua. Saya, Vika, sama Riki sering pergi Hunting Foto ke berbagai tempat di Jakarta kalo lagi muak sama tugas kuliah. Saya diajarin sama mereka banyak hal tentang kamera dan motret. Kalo di kantin Mpok atau bang Pi’i  obrolan saya jadi tentang politik dan hukum bareng sama anak kelas, terutama si Gagah. Pas ada seminar yang berbau komunikasi selalu saya sempetin buat ikut. Kadang sampai ijin kuliah, biar bisa ikutan. Bacaan juga jadi berubah, gak jauh-jauh dari komunikasi dan karya sastra.

Sahabat saya hanya geleng-geleng kepala. Mereka kaget sama perubahan saya yang kelewat keliatan. Semua kebiasaan yang engga pernah saya lakuin sebelumnya malah jadi keseharian saya. Kayak orang kena pelet saya sekarang.

Kalau liat ke belakang, saya jadi paham setiap orang memang punya porsi yang beda. Ada orang yang porsinya untuk jadi pemimpin, ada juga yang jadi Jurnalis. Dan saya memilih jadi Jurnalis. misalnya disuruh balik lagi ke waktu itu, rasanya saya tetap milih hal yang sama. Itu memang porsi terbaik saya. Intinya sekarang saya mau fokus jadi Jurnalis yang bisa ngeluarin Album solo juga-HAHAHAHAHA.

Tidak ada kata menyesal sekarang. Waktu saya cuman kebuang percuma mikir yang engga-engga. Saya mau nikmatin semuanya. Hidup kan di bawah kendali Tuhan yang tidak bisa diganti seenak jidat. DIA punya skenario paling menarik untuk setiap orang. Dan itu nyata. Pada akhirnya saya ingin terus berjalan di jalan ini, bersama dengan dia yang saya cintai. Jurnalistik namanya. 

Komentar

Postingan populer dari blog ini

RESENSI NOVEL “TIME RIDERS: GATE OF ROME” (in english)

Pencinta Bicara yang Hidup di Kampus Ruko.